TUGAS 1
1. Jawablah pertanyaan dibawah ini.
a.Apa pengertian Manajemen
Pengertian Manajemen (Definition of Management)
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia.[1] Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman.
b.Sebutkan Fungsi-Fungsi Manajemen
Fungsi-Fungsi Manajemen (Management Functions)
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi empat, yaitu:
1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
2. a. Jelaskan pengertian Marketing
Pengertian Pemasaran (Marketing)
Pemasaran mempunyai peranan yang sangat menentukan karena pemasaran mempunyai kedudukan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Pemasaran merupakan suatu urutan-urutan kegiatan yang saling berkaitan erat dan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. Dengan demikian perusahaan dalam menjalankan usahanya perlu memperhatikan dan mengembangkan sistem pemasarannya.
Masalah pemasaran merupakan salahsatu aspek yang sangat penting bagi perusahaan untuk menjalankan roda perusahaannya, karena tidak jarang perusahaan gagal mencapai tujuannya disebabkan sistem pemasaran yang kurang tepat. Untuk lebih jelasnya Philip Kotler (1997:8) menyatakan :
“ Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain .”
Kegiatan pemasaran tidak dapat dipisahkan dari seluruh rangkaian kegiatan usaha perusahaan karena didalamnya terdapat banyak bagian-bagian yang harus dimengerti dan dilaksanakan khususnya oleh seorang pemasar/lembaga pemasaran. Sedangkan pengertian menurut William J. Stanton (1993:7) yaitu :
“ Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial “.
b. Jelaskan pengertian Marketing Mix
Pengertian Marketing Mix
Marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, tempat dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan untuk mencapai target market.
Terdiri dari 4Ps:
○ Products:
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan
○ Place:
merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko
dan sasaran pelanggan.
○ Promotion:
merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
○ Price:
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: “prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing.
3. a.Jelaskan Pengertian Perusahaan Kecil
Pengertian Perusahaan Kecil
Pengertian perusahaan kecil adalah perusahaan yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 kategori perusahaan kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan); penjualan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00; milik Warga Negara Indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain (berdiri sendiri), dan berbentuk usaha perorangan, badan usaha, atau koperasi.
Usaha kecil merupakan usaha yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 kategori usaha kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan); penjualan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00; milik Warga Negara Indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain (berdiri sendiri), dan berbentuk usaha perorangan, badan usaha, atau koperasi.
b.Jelaskan perbedaan antara perusahaan kecil dan perusahaan besar
Perbedaan antara Perusahaan Kecil dan Perusahaan Besar.
Perusahaan Kecil :
1. Umumnya dikelola oleh pemilik
2. Struktur organisasi sederhana
3. Pemilik mengenal karyawan
4. Kepemimpinan dari usaha kecil memiliki hubungan baik dengan bawahan, saling berkolaborasi, dan biasanya sering menghasilkan kemenangan kecil
5. Prosentase kegagalan perusahaan tinggi
6. Kekurangan manajer yang asli
7. Modal jangka panjang sulit diperoleh
8. Gaya manajerial lebih hanya ke trial dan error
9. Jaringan kerja usaha kecil, masih sederhana, dan jika lobi bisnis biasanya langsung ke pemilik
10. Efisien, tentunya biaya untuk memproduksi suatu produk/service akan lebih kecil sehingga akan lebih murah
Perusahaan Besar :
1. Umumnya dikelola bukan oleh pemilik
2. Struktur organisasi kompleks
3. Pemilik mengenal sedikit karyawan
4. Prosentase kegagalan rendah
5. Banyak ahli manajemen
6. Modal jangka panjang relatif mudah diperoleh
7. Pengaturan keuangan sudah memakai manajemen yang rapih
8. Pembagian kerja lebih rapih sesuai dengan bagiannya dan dilakukan oleh orang yang sudah ahli di bagian tersebut
9. Jaringan kerjanya luas
TUGAS 2
Buatlah 3 tulisan bebas dengan tema/judul:
1.Apa Makna Sukses Menurut Anda
Sukses adalah semua harapan yang bisa terwujud,mampu menyibak hikmah dari setiap kegagalan atau peristiwa hidup yang berada di luar harapan. Sukses buat saya adalah menjadi diri sendiri dan mampu mengendalikan monster dalam diri yang menyimpan segudang misteri dan nergy yang bisa meledak suatu waktu, namun dapat pula menjadi penjara berlapis.
Seiring dengan perkembangan hidup kita dan lingkungan yang kita masuki, biasanya kita mendefinisikan sukses berdasarkan definisi orang lain,mungkin berasal dari orangtua kita, atasan kita, atau dari lingkungan sosial kita tentang bagaimana hidup yang sukses itu seharusnya. Tidak ada yang benar atau salah dalam hal ini. Di bawah ini saya menuliskan beberapa arti tentang sukses yang saya dapat dari berbagai sumber dengan harapan semoga ini dapat membantu anda dalam merangkai kembali arti sukses versi anda sendiri.
Sukses adalah :
1. Membuat negara atau dunia ini menjadi lebih baik.
2. Pencapaian kekayaan, penghargaan, status dan kekuasaan.
3. Pencapaian tujuan-tujuan yang telah anda buat sendiri.
4. Membuat sebuah perbedaan, meskipun hanya pada satu orang.
5. Diakui sebagai ahli yang terkenal dalam bidang yang anda tekuni.
Kunci sukses terakhir dan yang paling utama adalah rubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sederhana. Dunia bisnis sangat erat kaitannya dengan hutang-piutang. Bila anda tidak terbiasa dengan kehidupan sederhana, yakinlah anda akan kesulitan untuk membedakan antara hutang, modal dan laba bersih perusahaan anda, ketiganya memang mudah untuk dilihat dalam laporan laba rugi, tapi ketika ketiganya berwujud uang cash dalam brankas, bagi anda yang terbiasa hidup memah, akan terdorong untuk menggunakan kesemuanya tanpa peduli status uang itu sebenarnya.
Yakinlah bahwa pendidikan anda sekarang adalah investasi masa depan. Jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran muluk Money Game berkedok MLM, atau cerita-cerita sukses teman anda yang katanya kuliah sambil bisnis. Belajarlah dari pengalaman teman-taman di kampusmu, adakah diantara mereka yang telah menjadi jutawan karena bisnis sambil kuliah?, yang ada adalah mereka menjadi mahasiswa abadi dan usaha mereka pun belum beranjak dari kelas kaki lima yang siap digusur.
2.Kuliah Sambil Berwiraswasta
Kuliah sambil kerja?
Gak masalah sih,tapi kalau orang itu bisa mengatur waktunya dengan baik dan benar. Sedangkan orang yang tidak bisa membagi waktu apakah semuanya akan lancar? Menurut saya tidak akan pernah dia berhasil. Sebelum kuliah saya berpikir mungkin kuliah sambil kerja akan enak, karena kita akan merasa puas dengan hasil yang kita dapat dengan keringet kita sendiri. Bisa membantu keuangan keluarga. Tetapi setelah di pikir lagi saya akan fokus dengan kuliah saja dulu,setelah lulus baru saya akan memikirkan kerja yang enak. Setelah lulus nanti saya akan membahagiakan kedua orangtua saya. Dengan cara bagaimana kita mendapatkan kerjaan yang layak dan enak.
Kuliah sambil berwiraswasta tidaklah mudah. Karena selain susah untuk mengatur waktu pasti akan selalu kecapean. Dan tugas-tugas kuliah akan terbengkalai sehingga kita akan lebih sulit untuk lulus kuliah lebih cepat, kuliah sambil kerja akan memperlambat aktifitas kuliah kita. Maka menurut saya sebaiknya kita harus memikirkan matang-matang untuk melalakukan sesuatu, Karena semua masa depan kita hanya ada di tangan kita sendiri.
3.Jadi Pengusaha atau Jadi Karyawan Di Perusahaan Bonafit
Sebenarnya kita kerja pasti dari hal yang terendah, pertama-tama kita pasti hanyalah orang suruhan. Tetapi kita bisa merubah nasib kita untuk tidak menjadi bawahan. Semua tergantung diri sendiri, ada beberapa hal yang mendasari kita untuk bisa menjadi di atas bawahan.
Karena keuletan kita bekerja, kita bisa menjadi kepercayaan atasan kita. Mungkin kita bisa ambil salah satu contok yang paling mudah. Seoerti seorang pedagang Koran yang hanya berjualan keliling bisa menjadi seorang loper Koran karena hasil kerja yang amat memuaskan. Sebenarnya semua orang bisa menjadi pengusaha karena dirinya sendiri yang mau berusaha.
Sebenarnya bila ingin menjadi pengusaha cukup mudah, di bawah ini ada beberapa cara untuk menjadi pengusaha.
1. Kita harusa tahu mau usaha apa
2. Mengetahui seluk-buluk yang ingin di usahakan
3. Mempunyai modal yang cukup untuk berusaha
4. Perencanaan pembelian barang
5. Perencanaan penjualan barang
6. Kemana kita harus mengembangkan/mengolah usaha kita dengan baik
Kesimpulan saya, bekerja dengan cara menjadi pengusaha atau bekerja di perusahaan bonafit sama saja. Semua akan sukses ketika kita benar-benar serius dalam bekerja, dengan cara percaya diri, berusaha, dan ulet semua akan berhasil dan sukses.
Bersumber dari :
1.http://elqorni.wordpress.com/2009/03/15/pengertian-manajemen-dan-fungsi-fungsinya- definition-and-functions-of-management/
2. http://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pemasaran-marketing/
3. http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090506072557AAfXEw7
4. http://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_kecil…
5. http://www.scribd.com/doc/53189395/Perbedaan-Perusahaan-Kecil-Dan-Besar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar